Syahdunya Alam Terbuka


Kalau disuruh milih mana tempat yang dianggap sebagai surganya para penulis, saya akan memilih Omah Petroek, tempat nongkrong – Joglo Lawas dan Tambak Boyo. Lho, kenapa ketiga tempat ini ? Ya, karena menurut saya, ketiga tempat ini adalah sumber ide saya dalam menulis. Entah kenapa, ketiga tempat ini – walaupun sesekali rame sekalipun, dapat senantiasa membawa pencerahan luar biasa. Nggak tahu kenapa, ide-ide liar bisa muncul begitu saja, bahkan membuat saya lebih out of box dalam mengolah tulisan.

Prentresultaat vir joglo lawas jogja

Suatu kali, di Joglo Lawas, saya mencoba mengolah ide sebuah puisi bertemakan ibu. Olahan ide yang semula hanya sebatas figur seorang ibu, berbuih menjadi sebuah ide yang lebih dalam dan menohok. Di tempat itulah, saya mengenal ibu dalam perspektif yang lain – bisa jadi sisi “sangar” dan tangguh dari sosok ibu. Terbukanya sebuah tempat dengan pemandangan yang luas membuat pikiran saya tidak terpaku di ruang tamu, tapi lebih dari itu, saya bisa menjangkau pohon..bintang...bahkan malam. Pikiran saya belajar untuk menerawang lebih jauh agar tidak lagi berjalan di tempat.

Prentresultaat vir beautiful malioboro

Setiap kali mendapat kesempatan untuk berlibur di rumah, saya selalu menyisihkan waktu untuk pergi sendirian mencari ilham yang tersembunyi. Berjalan sendirian, bernapas di antara masyarakat yang lalu lalang bukanlah keramaian yang mengganggu. Malahan, terbukanya keramaian membuat saya lebih terbuka tentang ide. Keramaian dan cuap-cuap kanan kiri malah membuat saya jauh lebih syahdu. Ramai membuat saya tenang. Di ruang ramailah, saya mengkonsumsi apa yang saya inginkan. Inspirasi.

Prentresultaat vir freedom


Treatment inilah yang ternyata memang saya butuhkan untuk meraih inspirasi-inspirasi tersembunyi. Penting bagi seorang penulis menemukan tempatnya yang nyaman dan terbaik. Buat saya, syahdunya alam terbuka sungguh menciptakan sisi-sisi lain dari inspirasi. Syahdunya alam adalah treatment yang ternyata membuat saya keluar dari zona nyaman yang bermain-main dengan imajinasi yang lebih liar dan mendalam.

#Infinity

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Penuang Cerita Dalam 1 Karya

Bersatu Dengan Salib (sebuah refleksi)

Melodi Setangkai Mawar (a short story)